Pages

Minggu, 10 Juli 2011

LCD MATOT

LCD MatiDisini saya ada sebuah LCD monitor merk LG dengan tipe L1717S, kerusakan atau keluhan nya adalah monitor tersebut tidak dapat menyala dan hanya menampilkan lampu indikator yang berkedip hanya sekali di awal.
Customer saya mengatakan “wik monitorku mati total, ga ada gambarnya”
Oke, untuk kerusakan seperti ini berarti kita sudah mengetahui bahwa ada tegangan pada power supply namun kita belum tahu apakah stabil atau tidak, karena di awal led indikator berkedip satu kali.
Hal yang pertama kali saya lakukan tentu melihat kondisi fisik dari komponen yang ada pada main board LCD. Dan saya menemukan sebuah kapasitor yang sudah mengembung. Kapasitor tersebut ada pada tegangan 5volt power supply sehingga tentu tegangan 5volt menjadi tidak stabil dan tidak memungkinkan main board untuk melakukan start up. Yang hasilnya monitor akan melakukan start up (lampu indikator menyala) dan pada saat menyala dengan beban penuh tegangan 5volt menjadi tidak stabil dan membuat kondisi protect pada main board.
Saya coba mengganti kapasitor tersebut dan mencoba menyalakan nya kembali akhirnya monitor meyala dengan normal kembali.
Power supply - main board
Power supply - main board
Kapasitor yang diganti
Kapasitor yang diganti
Kapasitor kembung
Kapasitor kembung
LCD normal kembali
LCD normal kembali

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner