Pages

Minggu, 10 Juli 2011

Indikator Monitor Berkedip Cepat


Pada saat menyalakan monitor CRT (tabung), LED indikator menyala namun berkedip dengan cepat.
Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai macam hal. Namun yang paling saya sering alami ada dua buah masalah yang paling berpengaruh dan menyebabkan led indikator tersebut berkedip dengan cepat dan monitor tersebut tidak dapat menyala.
Pertama adalah rusaknya transistor horisontal, sehingga tegangan B+ yang menuju FlyBack menjadi loss tanpa trigger dari kaki basis transistor horisontal agar arus DC tersebut menjadi sebuah arus AC yang sesuai dengan keperluan FlyBack agar tegangan tinggi yang dihasilkan pas. Jadi jika transistor ini rusak arus DC dengan leluasa masuk ke lilitan FlyBack dan dengan adanya hambatan yang sangat kecil dari lilitan FlyBack tanpa adanya getaran (arus AC) maka beban yang di tahan dari trafo switching pun sangat besar sehingga membuat tegangan drop dan restart proses kembali dan berlangsung berulang ulang
sehingga LED indikator tampak seperti berkedip dengan cepat.
Kedua adalah rusaknya kapasitor pada jalur tegangan terpenting seperti tegangan 5volt. Kapasitor berfungsi sebagai filter tegangan ripple aga membuat seminimal mungkin terjadi gelombang tegangan. Jika ini rusak maka akan mengakibatkan tegangan yang bergelombang atau sering kita sebut dengan tegangan yang tidak stabil.
Pada IC pastilah ada tegangan minimum dan maksimum yang menjadi standar pabrikan. Jika tegangan tidak stabil ini mencapai tegangan minimum dari sebuah IC tersebut maka mau tidak mau IC akan mengalami proses restart kembali pada saat tegangan mencapai batas aman dari IC tersebut yang membuat LED indikator nampak berkedip cepat dan tidak dapat menyala dari monitor tersebut.
Jadi untuk anda mendapatkan masalah seperti ini ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu bagian mana yang rusak. Saya sarankan untuk di awal, periksalah kondisi fisik dari setiap komponen tersebut.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner