Pages

Selasa, 03 April 2012

Touchpad Laptop Tidak Lancar

Ok shohib .....Pada kesempatan ini saya mulai menuliskan pengalaman-pengalaman saya satu persatu selama menjadi tukang servis di negeri Saudi Arabia.

pengalaman pertama yang hendak saya bawakan kepada teman-teman di sini adalah kasus touchpad yang sering sekali ngadat (baca: tidak lancar). Di sini (saudi) sering saya temukan kasus seperti itu, solusi yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
1. install ulang driver touchpad yang asli bawaannya..jika masih belum juga
2. cek adapter, kasus ini pernah satu kali saya temukan..saya cek tegangannya normal tapi setelah ganti adapter  baru touchpad berjalan lancar.
3. coba lakukan format windowsnya karena bisa jadi windows terserang virus atau anda bisa lakukan dnegan melakukan scan terlebih dahulu jika belum berhasil maka silahkan format.

Jika semua cara di atas telah anda lakukan maka kemungkinan yang bermaslaah adalah hardwarenya (IC Touchpadnya atau tegangan kerja ke IC touchpad bermasalah.

semoga bermanfaat....

24 komentar:

  1. Notebook sya pda touchpadnya kena benturan.hbis itu tdk berfungsi.kira2 apa hardwarenya ya gan?bila iya brapa kira2 harganya dipasaran gan.saya pakai hp probook 4421s.mksh sblmnya.

    BalasHapus
  2. kalau kebentur laptopnya perlu di bongkar karena dibagian bawah touchpad ada ic touchpadnya, bisa jadi dia yang bermasalah sob.

    BalasHapus
  3. gan. Saya punya laptop acer 4171z, kendala nya kalau lagi d cas touchpad nya eror kalau d gerak2 kan jadi liar, tapi kalau d cabut carger nya normal2 aja, kira2 apanya y gan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah pada chargernya gan...saya sering nemukan kalau emnggunakan charger tidak asli biasanya seperti itu

      Hapus
    2. oh, gt y gan. Ia emang saya pakai carger yg ngk ori, tapi kira2 ada masalah ngk kalau carger nya d pakai terus?

      Hapus
    3. kalau charger anda asli berarti chargernya sudah bermasalah...tentu ada pengaruh karena tegangan atau arus yang keluar dari charger anda sudah tidak normal. Sedikit tidak akan memperngaruhi komponen yang lain meskipun kerusakan yang ditimbulkan tidak cepat diketahui...

      saran saya, gunakan chargernya saat tidak digunakan laptopnya jika batrai masih tahan lama, kalau menggunakan charger sambil laptop dinyalakan akan menyebabkan batrai lebih cepat drop.

      Hapus
    4. oh, gt y gan,
      Kalau carger asli hrganya sampek brapa ya kira2 gan?

      Hapus
    5. sorry gan ane kurang tau kalau di indo harganya yang asli soalnya saya sekarang ini lagi kerja di saudi.

      Hapus
  4. Master, mohon bantuannya. Klik kanan pada touchpad laptop acer 4743 saya tdk work. Sudah saya hapus drivernya, ganti windows, namun masih saja. Dulu pernahyang klik kiri demikian, namun saya diamkan sekitar 2 bulan, mau dia benar dengan sendirinya. Nah, yang kanan ini sudah 3 bulan belum juga bisa bener. PLEASE HELP ME MASTER....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bongkar kemudian bersihkan bagian bawah tombolnya

      Hapus
  5. kalo touch pad ny tiba2 jdi ga berfungsi lg gmnaa yaa???

    BalasHapus
  6. touchpad gua jg mngalami seperti itu, udah gua uninstall trus coba istall msih aja tetep ngadat2,, kira2 apanya y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lakukan langkah langkah yg diberikan di atas dulu gan..

      Hapus
  7. kk touchpad saya terkena air sedikit langsung gk berfungsi/ cuma bisa gerak sedikit, gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  8. double tap dan one tap saya sering macet kadang semenit bisa kemudian gak bisa begitu seterusnya ... tapi kalo makai mouse sedikit mendingan itu kenapa ??dan cara mengatasinya gimana??

    BalasHapus
  9. gan touchpad lepi saya kalau digerak-gerak kan bisa tapi kalau buat nge klik gk bisa itu kenapa? tlg solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyha sama gan... punya ku juga gitu apanya ya,,,

      Hapus
  10. gan touchpad dan keyboard laptop sy kurang responsif ap mungkin tu krena adapternya ya soalnya baterai laptop juda sdh drop jd hrs slalu pakai adapter.. mhon infonya trims

    BalasHapus
  11. gan touchpad pasa laptop asus u38n saya setiap kalo startup dia tidak berfungsi gan tapi kadang berfungsi setelah saya restart dan saya pakai beberapa lama dulu, kadang juga suka freeze sediri diwaktu saya sedang menggunakan, saya sudah install ulang drivernya beberapa kali dan sudah format windows tp kendala masih tetap saya, kira2 apa hardwarenya yg rusak ya gan?

    BalasHapus
  12. Gan kalo tiba2 cursornya itu gerak2 sendiri padahal ngga digerakin, itu gimana ya ?

    BalasHapus
  13. . punya sya laptop merk Hp , kusorny klik tahan terus jdi data smua terpinda, solusinya....?

    BalasHapus
  14. Halo kak.. touchpad saya juga tiba" ga bisa digunakan. klik kanan dan klik kiri juga ga bisa digunakan kak.. apa ini hardwarenya yg rusak ya kak??

    BalasHapus

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner