Pages

Senin, 04 Juli 2011

Deteksi Kerusakan PC Dengan Beep Code

Deteksi dini pada perangkat komputer sangat diperlukan untuk mengetahui kerusakan pada hardware komputer. Seorang teknisi komputer harus selalu peka terhadap keanehan yang terjadi pada sebuah komputer.

Salah satu andalan seorang teknisi dalam mendeteksi secara dini keanehan sebuah komputer adalah dengan mendengarkan beep code. Beep code merupakan suara digital yang dihasilkan oleh bios yang dapat mengidentifikasi kerusakan sebuah komputer. Trus bunyi apa saja yang dimaksud? Dan masalah apa yang terjadi sehingga timbul bunyi tersebut? Yuk kita kupas!!!
  • Tak Ada Bunyi Apapun
Saat kita menyalakan sebuah komputer dengan menekan powernya, ternyata tidak ada bunyi apapun,  sebelumnya komputer tersebut baik-baik saja. Kemungkinan kerusakan yang terjadi adalah pada power supply yang tidak berfungsi dengan baik, cek tegangan dengan avometer, kalau tidak ada tegangan yang masuk sama sekali berarti memang komponen ini bermasalah. Kedua, bila tidak ada masalah dengan power supply anda, maka tersangka berikutnya speaker internal anda yang tidak terpasang dengan baik. Ketiga, kemungkinan terakhir adalah motherboard yang sudah tidak berfungsi dengan baik.
  • Beep Satu Kali
Bersyukurlah komputer anda berbunyi, karena dengan bunyi beep satu kali ini menandakan bahwa semua komponen yang ada di komputer anda berfungsi dengan baik. Bila setelah bunyi beep tidak ada penampakan pada layar monitor anda, maka periksa kembali interface monitor apakah sudah terhubung dengan baik. Kalau kabel dan interface monitor sudah tersambung dengan baik dan masih terjadi blank pada monitor, maka dapat dipastikan motherboard anda mengalami masalah Chip yang berhubungan dengan masalah grafis. Solusinya adalah dengan mereset SIMM dan kemudian lakukanlah booting ulang. Kalau masih bermasalah maka gantilah kartu grafis anda.
  • Beep Dua Kali
Ini menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan memori PC anda. Kalau kartu grafis anda baik maka akan ada pesan error. Kalau kartu grafis anda bermasalah juga, reset SIMM dan booting ulang. Jika masih terdengar bunyi beep dua kali maka kerusakan terjadi pada Chip memorinya. Cek chip memori dengan menukar kedudukan memori. Bila memori anda baik-baik saja maka lagi-lagi kerusakan terjadi pada motherboard anda.
  • Beep Tiga Kali
Kerusakan yang hampir sama dengan beep dua kali dan solusinya hampir sama pula.
  • Beep Empat Kali
Kerusakan yang hampir sama dengan beep dua kali dan tiga kali solusinya hampir sama pula. Dan masalah bisa juga karena timer pada PC kurang berfungsi dengan baik.
  • Beep Lima Kali
Ini brarti ada masalah dengan memori anda. Periksa memori yang ada apakah kedudukannya sudah benar, kalau sudah lakukan booting ulang. Jika masih terjadi masalah maka saatnya anda untuk mengganti motherboard dengan yang baru.
  • Beep Enam Kali
Masalah sedang terjadi pada Chipset di motherboard yang mengendalikan fungsi keyboard anda. Atur kembali kedudukan Chipset bila ternyata didapati Chipset tidak tersolder dengan baik pada motherboard. Jika dengan cara ini tidak memecahkan masalah maka gantilah Chipset jika mungkin. Lagi-lagi cara ampuh yang terakhir adalah ganti motherboard anda dengan yang baru.
  • Beep Tujuh Kali
Kerusakan ini ada dua kemungkinan, yang pertama adalah kaki prosesor ada yang patah atau prosesor tersebut tidak bekerja dengan normal. Kemungkinan kedua adalah motherboard anda yang rusak. Solusi dengan try and error pada komputer sehat anda yang lain jika memungkinkan. Maka akan didapat pemecahannya tergantung kerusakan komponen yang mana. Artinya yang rusak harus segera diganti.
  • Beep Delapan Kali
Kerusakan terjadi pada kartu grafis anda. Cek apakah kartu grafis anda sudah terpasang dengan benar. Maka dipastikan kartu grafis anda rusak secara total atau memori yang ada pada kartu grafis rusak. Maka cara yang ces-pleng adalah dengan mengganti kartu grafis anda.
  • Beep Sembilan Kali
Ini berarti Bios  anda rusak. Harus diupgrade. Kalau masih rusak maka ganti motherboard anda.
  • Beep Sepuluh Kali
Kerusakan pada CMOS anda. Semua chip yang terhubung dengan CMOS sebaiknya diganti. Cara ampuhnya ganti motherboard anda.
  • Beep Sebelas Kali
Jikalau beruntun seperti ini yang anda dengar dari bios anda maka masalah terdapat pada chace memori. PC anda secara otomatis men-disable-nya buat anda. Yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan kembali dengan menekan tombol ctrl-alt-shift-+ secara bersamaan. Tapi jika cara ini tidak berhasil ganti memori anda.
Oke, dengan pendeteksian ini maka kita dapat meminimalkan solusi sehingga tidak terjadi biaya membengkak. Selamat mencoba.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner