Pages

Selasa, 07 Agustus 2012

Cara deteksi kerusakan adapter minimum

saya akan berikan cara deteksi kerusakan adapter bagi para pemula....cara ini adalah cara paling mudah untuk deteksi kerusakan adapter dan merupakan deteksi yangtidak membutuhkan analisa tinggi karena itulah saya sebut sebagai cara deteksi kerusakan adapter minimum....:)

berikut ini langkah-langkahnya....

1. siapkan avo meter atau multitester...
2. arahkan sekala multitester pada tegangan AC 250, kemudian ukur tegangan pada kabel power adapter...jika tegangannya 220volt maka normal.
3. tancapkan kabel power pada adapter, lihat apakah ada lampu indikator menyala atau tidak...kalau menyala lanjut ke bagian kabel cas atau kabel konektor (kabel yang menuju ke laptop)
4. pindahkan sekala multitester pada skala 20volt DC (tegangan searah), cek pada konektor casnya...bagian luar adalah gorund (-) dan bagian dalam adalah positif (+), kalau hasilnya berkisar 18,5-20,5 volt berarti normal...tapa kalau tidak ada tegangannya, maka masalah ada pada kabel tersebut..
5. untuk membuktikan lebih akurat, lakukan belah pada adapternya dengan menggunakan pisau...setelah adapter dibelah coba ukur bagian tempat di soldernya kabel tersebut...jika setelah diukur tegangannya normal maka sudah bisa dipastikan bahwa masalah di kabelnya...solusi ganti kabelnya...

catatan tambahan: terkadang lampu led adapter tidak menyala, tapi bukan berarti komponen adapter ada yang rusak bisa jadi kabel konektor casnya mengalamo konslet...cara ceknya adalah dengan mencabut kabel konektor tersebut tentunya dengan solder, setelah dicabut jika memang konslet maka lampu lednya akan menyala. Solusi ganti kabel dnegan yang abru....


semoga bermanfaat.....

4 komentar:

  1. Gan cara mengecek satu persatu rusak atau tidak komponen di adaptor universal merek power seperti apa gan,contoh ngecek ac yg kaki nya masing masing ada 4 atas bawah itu seperti apa

    BalasHapus
  2. Gan , jika tertulis di belakang adaptor 19v output . Terus saat di tes 15v apakah normal ?

    BalasHapus
  3. Sangat membantu sekali untuk saya yang tidak tahu kelistrikan. Ternyata kabel power saja cesan saya yang rusak. Jadi ga perlu beli adaptor, cukup kabel powernya aja. Terima kasih tipsnya gan..

    BalasHapus

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner