Pages

Minggu, 10 Juli 2011

Laptop Sony Vaio – Layar Gelap



Laptop Vaio tidak ada gambar atau gelap.
Jika laptop kamu mengalami ciri ciri seperti :
  • Menyala (ada suara) tapi layar gelap.
  • Cahaya redup.
Maka dipastikan ada masalah pada back light LCD laptop kamu. Mungkin saja back light LCD laptop kamu mati, atau hanya driver back light nya saja yang mati.
Back light berfungsi sebagai alat yang memberikan sinar dari belakang LCD sehingga warna yang dihasilkan dari LCD dapat kita lihat dengan jelas.
Bentuk back light sendiri menyerupai lampu TL namun ukurannya jauh lebih kecil.
Untuk dapat menyalakan backlight diperlukan sebuah driver tegangan tinggi agar dapat mencatu backlight itu sendiri. Frekwensi dari tegangan tinggi tersebut juga berbeda dengan frekwensi dari lampu TL yang mengikuti frekwensi listrik pada umum nya yaitu 50hz. Frekwensi tegangan tinggi pada backlight tentu lebih tinggi guna mencegah terjadinya flicker cahaya pada saat pengoprasian.
Kerusakan pada driver backlight biasanya terjadi pada trafo step-up dan pada kapasitor non polar. Komponen ini sering sekali rusak akibat dari frekwensi tinggi, terutama kapasitor.
Jika backlight LCD mati, maka yang terjadi adalah laptop kamu seolah olah akan mati total, namun jika dinyalakan, kipas dan suara bekerja dengan baik. Jika diterawang di sinar terang maka gambar pada LCD akan terlihat samar dan itu akibat dari backlight yang tidak menyala untuk menyinari LCD.
Untuk dapat mengetahui apakah backlight yang mati atau hanya driver nya saja, kamu dapat melakukan tes degan menggunakan driver dari laptop lain. Namun kamu juga harus mengetahui pinout dari input driver tersebut. Karena konektor driver dari masing masing laptop berbeda.
Biaya perbaikan kerusakan LCD (backlight termasuk) pada service centre sony (saya menelpon) diperkirakan paling murah 1,5 juta belum ongkos kirim ke jakarta katanya. Dan waktu paling cepat 1 bulan.
Untuk orang yang perlu akan waktu, tentu akan mempertimbangkan lagi atas semua Pilihan yang diberikan customer service diatas. Saya pun kaget mendengarnya. Namun dengan harga laptop yang lumayan tentu harga seperti yang diatas masih tergolong wajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner