Pages

Kamis, 27 Desember 2012

Apakah Laptop atau Komputer Anda Hang.....??

Yuk kenali permasalahan yang menyebabkan hang di komputer kita....


Ada beberapa jenis hang yang sering terjadi pada laptop atau komputer. Di antaranya:
1. hang ketika saat masuk ke windows


2. hang setelah masuk windows
3. dan hang ketika menjalankan aplikasi tertentu...

Nah, sekarang mari kita bahas satu persatu dari jenis hang pada laptop atau komputer yang sering terjadi ini.

Pertama, hang ketika saat windows di hidupkan. Ketika kita menyalakan laptop pertama kali, terkadang sulit sekali untuk masuk ke menu windows. Hal ini bisa disebabkan karena windowsnya yang bermasalah, atau bisa juga hardisk-nya yang bermasalah. Nah untuk melakukan pengecekan, coba masukkan CD HIren Boot, star ulang kembali laptop anda...kemudian gunakan XP mini yang telas disediakan di dalamnya..jika ternyata tetap lambat atau hang maka kemungkinan yang bermasalaha dalah hardisknya...selanjutnya anda bisa lakukan cek dengan cd hiren boot untuk mengetahui apakah hardisk anda mengalami terdapat bad sector atau tidak. Namun ketika dimasukkan cd hiren boot kemudian xp mini dijalankan tetap normal (tidak hang) maka yang bermaslah adalah windowsnya, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan format ulang windowsnya..

Kedua, Hang setelah masuk windows. Ini bisa disebabkan juga karena windows yang bermasalah atau bisa juga disebabkan karena virus. Coba lakukan langkah yang paling mudah dengan melakukan scan menggunakan anti virus seperti Smadav (cinta produk anak negeri ya :) ). Mengapa saya sarankan menggunakan smadav..? ada beberapa keunggulan yang saya lihat di smadav, disamping softwarenya ringan, cepat dalam lakukan scan, dan satu lagi yang handalnya adalah untuk memperbaiki sistem register windows yang bermasalah. kalau masih tetap hang ya sudah ambil saja langkah format ....seperti katanya gusdur "gitu aja kok repot" :)

Ketiga, Hang saat menjalankan aplikasi. Kalau ini sudah jelas disebabkan karena software yang bersangkutan kemungkinan cras dengan software yang lain  dengan windowsnya sendiri...solusi coba remove kemudian lakukan install ulang softwarenya, kalau masih tetap hang, ya sudah ga usah dipasang...

oke, ini saja dulu gambaran secara umum dan solusinya tentang permaslahan hang yang sering terjadi pada komputer kita. 


0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner