Pages

Senin, 27 Juni 2011

Solusi Printer Canon IP 1880 / MP 145 tidak bisa menarik kertas

Solusi Printer Canon IP 1880 / MP 145 tidak bisa menarik kertas

Pada Printer Canon sering kita jumpai masalah tidak bisa menarik kertas atau kertas yang ditarik miring atau tidak pas waktu di print. Ini sering terjadi pada Printer Canon series IP-1200 s/d IP-1880 dan Series MP-150 s/d MP-228.
Ini terjadi karena As ( karet penarik kertas ) patah / putus, As tersebut terbuat dari plastik.
Untuk mengatasinya bongkar Printer tersebut, lepaskan casing / body plastic.
Perhatikan baut/skrup yang mengunci casing, kemungkinan ada yang tetutup body lain (tersembunyi) terutama yg berseri MP.
Perhatikan juga klemnya yang tebuat dari plastic, jika ada congkel perlahan-lahan dengan Obeng. Hati-hati jangan sampai patah.
Sesudah casing/body plastic dilepas akan terlihat karet penarik kertas beserta plastiknya, lalu buka skrup sensor kertas.Jangan lupa melapaskan Per penekan kertas
Lihat Gambar Dibawa Ini

http://i286.photobucket.com/albums/ll114/sakuraaba/IMG_6602.jpg






Lalu buka skrup pengunci karet penarik kertas. Lepaskan penarik kertas beserta karetnya dari printer dengan cara mencongkel klem plastic yang menempel pada gear besar yang terlihat dari atas lalu tarik kearah samping agar terlepas dari printer






Sesudah terlepas dari Printer perhatikan daerah penarik kertas yang patah. Daerah Plastik yang patah kemudian dilubangi dengan bor sebesar 3 mm. Lalu diberi skrup 3 mm.
Kemudian skrup yang sudah terpasang dipotong ujungnya dengan tang pemotong lebihkan skrup yang dipotong sepanjang 8 mm sebagai pengganti AS yang patah tadi.
Perhatikan saat mengebor usahakan lubang pas di tengah lingkaran.









Setelah Selesai, Pasang kembali Karet Penarik kertas ke printer dan tutup kembali casing/ body printer seperti semulah.

sumber

4 komentar:

  1. wah, ini membantu sekali mas..
    saya punya printer ini, mp 145. Lama tidak saya pake, sudah 1tahunan mungkin. Waktu saya mau nyalain lagi, ternyata didalemnya dibuat sarang sama semut. Jadi, sya bongkar sampai ke unit scannernya. begitu mau saya pasang lagi, saya lupa step2nya. Kira2 mas bisa bantu gak ya? kasih foto2 yg lebih lengkap untuk assembly unit printer saya?! sekarang masih berantakan dirumah :(

    BalasHapus
  2. Sorry sob saya belum punya datanya, insyaAlloh kalaua ada saya akan cantumkan. thanks atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. gan saya punya printer ip2770 sepertinya kasusnya sama mungkin patah penarik kertas,ada scripnya gak ya pengen belajar membongkar sendiri.

    BalasHapus
  4. Gan nih bagian sebelah mana ya gan..
    kemarin e3.... pas masang bingung, nih bagian printer di sebelah mana?
    http://i381.photobucket.com/albums/oo253/cupunya/LubukLinggauTimur-20130615-00807.jpg

    BalasHapus

Masukkan E-mail Anda untuk Berlangganan Artikel:

Delivered by FeedBurner